Selasa, 22 Desember 2009

Tim BP3 Yogya Temukan Arca Ganesha di candi UII


Yogyakarta - Tim arkeologi dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) DIY mulai melakukan penggalian secara manual lokasi penemuan candi di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Dalam penggalian hari ini, mereka menemukan arca Ganesha.

Arca tersebut ditemukan oleh tim BP3 Yogyakarta sekitar pukul 09.30 WIB, Selasa (22/12/2009). Arca itu kemudian dibersihkan dan diukur. Arca itu ditemukan di lubang grip C1 dengan kedalaman sekitar 60 cm.

Tidak lama kemudian sekitar pukul 11.00 WIB, petugas menemukan yoni tak jauh dari arca Ganesha. Di bawah batu yoni diperkirakan terdapat lingga yang terpasang menyatu. Dipastikan pula, situs tersebut merupakan candi Hindu Syiwa.

"Dengan adanya penemuan arca Ganesha, itu bisa dipastikan konsepnya candi Hindu Syiwa," kata Kepala Pokja Pemugaran BP3 DIY, Budhi Sancoyo kepada wartawan di sela-sela kegiatan ekskavasi.

Namun demikian, Budhi belum bisa memastikan umur arca tersebut. Budhi juga belum bisa memastikan kerajaan Mataram Hindu dipimpin oleh siapa saat arca itu dibuat.

Menurut dia ukuran candi tersebut mencapai 6x6 meter atau 36 meter persegi dan menghadap ke timur dan barat. Candi ini juga dilengkapi pintu selebar 60 cm yang menghadap ke arah timur.

"Biasanya di depan arca Ganesha ada arca Syiwa, di kanan terdapat arca Agastya dan kiri Durga. Hanya saja kami belum menemukan karena candi ini masih reruntuhan yang tertimbun pasir Merapi yang sangat tebal," katanya.

Budhi memperkirakan bangunan candi Syiwa ini merupakan bangunan pemujaan. Hanya saja tim ahli masih memerlukan penelitian lanjutan di sekitar lokasi penemuan.

"Untuk sementara situs ini bisa disebut dengan nama situs candi kimpulan karena berada di Dusun Kimpulan, masuk wilayah Ngemplak," pungkas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar