Senin, 21 Desember 2009

Ditemukan Fragmen di Candi Mataram Kuno UII


Senin, 21 Desember 2009 | 17:22 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menurut Budhy Sancoyo, Kepala Tim Pemugaran Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3), Yogyakarta, meski antefik telah ditemukan, tapi tim belum bisa memastikan candi agama apa.

Antefik di candi agama Hindu dan Budha pada dasarnya sama, karena hiasan sudut sudah umum, yang membedakan adalah arcanya.

"Penggalian kali ini juga berhasil menemukan satu fragmen atau pecahan dari batu yang utuh yang diduga merupakan bagian dari pecahan batu candi dari pinggir candi sisi sebelah barat yang juga berjarak tujuh meter," katanya Senin (21/12).

Namun demikian, belum dapat dipastikan fragmen itu dari bagian candi yang mana, karena tim ekskavasi BP3 Yogyakarta masih menggali kotak-kotak lain yang sudah dipatok sebelumnya.

Ia mengatakan, dalam 12 hari ke depan tim ekskavasi hanya akan fokus mengejar desain bangunan candi dengan mengerahkan 10 tenaga ahli dari BP3 Yogyakarta dibantu tenaga lokal sebanyak 20 orang.

"Untuk pekan kedua ekskavasi, setelah kotak-kotak sasaran digali, baru akan digali lebih dalam lagi untuk mengetahui kedalaman candi," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar