Rabu, 16 Desember 2009

Blog Entry PESAWAT TEMPUR GENERASI KELIMA RUSIA BERNAMA "REPTORSKI"



Moskow baru-baru ini berusaha mengembangkan pesawat tempur sukhoi generasi kelima, yang telah di rencanakan sejak tahun 2007, apa saja gambaran pesawat termpur generasi kelima buatan Moskow ini..?

Sukhoi T-50 PAK FA adalah salah satu pesawat pengembangan terbaru dari varian terdahulunya yang berbasis Advanced Frontline Aviation Aircraft System. Jet tempur ini di rancang untuk bersaing dengan pesawat tempur Amerika Lockheed Martin F-35 Lighting Joint Strike Aircraft dan F-22 Raptor.

Sukhoi T-50 FAK FA ini disebut oleh Angkatan udara Rusia dengan nama “Raptorski” mungkin menyindir nama dari pesawat tempur F-22 Raptor Amerika. Sukhoi T-50 direncanakan memiliki kemampuan yang lebih canggih dari pada pesawat sukhoi varian terdahulunya, contohnya saja mengenai kecepatan pesawat ini yang mampu melesat dengan kecepatan supersonik. Dalam hal body pesawat Reptorski ini hampir menyerupai pesawat tempur F-22 reptor pada umumnya, hanya saja ada sedikit perbedaan pada reserse delata sayap . pesawat Reptorskimemiliki berat pada saat lepas landas 20 ton lebih ringan dari pada pesawat raptor Amerika yang mempunyai berat 24 ton.

Pesawat tempur ini akan sepenuhnya beroperasi pada tahun 2013 dan untuk produksi masal pada tahun 2015 ini ditegaskan oleh Sergia Ivanov wakil perdana mentri yang bertanggung jawab pada bidang pertahanan.

Menurut sumber yang berhasil di himpun Sukhoi T-50 PAK FA akan menggabungkan teknologi dua ekspiremental pendahulu yaitu SU-47 dan MIG yang terbukti handal mengenai kecepatan ,sistem avionik pesawat maupun teknologi stealth. Sistem Avionik Reptorski adalah salah satu faktor penting dalam menunjang teknologi suatu pesawat tempur, untuk itu Russia tidak tanggung tanggung menyediakan beberapa peneliti yang siap menunjang pembuatan pesawat tersebut, seperti desain, avionik, radar ataupu mechanical. dalam melakukan pengembangannya pesawat tempur ini mempunyai fenomena sama seperti pada pengembangan pesawat tempur F-22 reptor yang terganjal masalah finansial karena resesi ekonomi,Ada anggapan bahwa masa depan pesawat tempur Rusia akan mengalami penurunan. Banyak ahli negara Barat percaya bahwa Pesawat Rusia generasi ke empat tidak bisa menahan stealth-enabled AS tandem dari F-35 dan F-22, yang menawarkan kemampuan manuver tinggi dan tidak mampu di deteksi peralatan radar canggih. Selain itu, berbasis simulasi dan tes menunjukkan bahwa stealth-enabled generasi kelima F-22 dan F-35 dapat mengalahkan semua pesawat saat ini, dari analisa inilah Raptorski dikembangkan Russia untuk menjawab tantangan dari pesawat generasi terbaru Amerika F-22 reptor dan F-35.

1 komentar: